Agama

Walubi akan Gelar Pasamuan Agung ke-3

7.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
22:12
11 APR 2017
Dok. Umat Buda sedang menggelar upacara (Foto: Antara)
Reporter
Oki
Sumber
Rimanews

Rimanews - Perwakilan Ummat Buddha Indonesia (Walubi) sebagai induk organisasi ummat Buddha Indonesia akan menggelar Pasamuan Agung Ke-3 di Jakarta pada 15-16 April 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Acara akan dihadiri dewan sangha dan lebih seribu orang terdiri para rohaniawan dari berbagai majelis ummat Buddha serta para pengurus organisasi ummat Buddha dari seluruh Indonesia.

Pasamuan Agung atau Musyawarah Nasional (Munas) tersebut akan akan membahas kepemimpinan umat Buddha Indonesia dan program-program kerja selama 5 tahun ke depan.

Walubi adalah induk organisasi ummat Buddha Indonesia yang menjadi tempat bernaung dari 13 majelis agama Buddha Indonesia serta berbagai Lembaga Keagamaan Buddha Indonesia (LKBI), yang saat ini dipimpin oleh pengusaha Siti Hartati Murdaya.

Sekretaris Panitia Pasamuan Agung Ke-3, Gatot Sukarno menjelaskan, Munas atau Pasamuan Agung akan diikuti oleh seluruh majelis dan lembaga keagamaan Buddha Indonesia, serta diikuti oleh seluruh pengurus DPD Provinsi dan DPD Kabupaten dari seluruh Indonesia.

Semuanya akan duduk bermusyawarah membahas peningkatan spiritualitas dan berbagai permasalahan yang dihadapi ummat Buddha Indonesia, serta membahas upaya peningkatan peranan ummat Buddha dalam pembangunan bangsa Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Berbagai isu penting akan dibahas dalam Pasamuan Agung ini, seperti masalah organisasi dan program kerja, juga akan dibahas pentingnya upaya peningkatan kualitas dan kuantitas guru agama Buddha di vihara-vihara dan di sekolah-sekolah Buddhis.

“Walubi sebagai wadah dari aliran-aliran agama Buddha yang ada di Indonesia berfungsi sebagai pemersatu yang senantiasa berada dalam suasana rukun, bersatu padu dalam menghayati dan mengamalkan dharma agama dan dharma negara,” kata Gatot, di Jakarta, hari ini.

Dia menambahkan, pasamuan agung nantinya akan menghasilkan beberapa hal penting untuk dibahas, di antaranya program kerja yang konkrit dan dapat dirasakan manfaatnya baik oleh umat Buddha Indonesia, maupun oleh rakyat Indonesia pada umumya.

“Ibu Hartati Murdaya selama ini telah berhasil membawa Walubi sejajar dengan ormas-ormas agama tingkat nasional yang lain, serta berhasil menunjukkan bahwa ummat Buddha senantiasa proaktif dalam ikut membangun bangsa. Kita berharap hal-hal baik seperti ini akan diteruskan di masa mendatang,” katanya.

KATA KUNCI : , , , ,
Agama