Pendidikan

Pemerintah siapkan UN menjadi ujian sekolah standar nasional

2.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
12:45
23 DES 2016
Reporter
Ahmad
Sumber
setkab.go.id

Rimanews - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) siap menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2017 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selain UN, Kemdikbud juga berencana meningkatkan mutu ujian sekolah menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

"Ujian Nasional tetap dilaksanakan di tahun 2017. Kita juga tingkatkan mutu ujian sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata pelajaran. Kemendikbud juga akan memperluas pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy seperti dikutip setkab, hari ini.

Ujian Nasional dijadwalkan akan digelar pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2017, dengan rincian untuk SMK pada tanggal 3 – 6 April 2017; untuk SMA/MA pada tanggal 10 – 13 April; untuk SMP/MTs dirancang dalam dua gelombang, yang pertama dijadwalkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei. Sedangkan untuk gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei.

Adapun mata pelajaran (mapel) yang akan diujikan pada UN tahun 2017, untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) diantaranya Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) ditambahkan satu mata pelajaran sesuai dengan jurusan siswa, sedangkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditambahkan uji teori kejuruan sesuai dengan bidangnya.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Pendidikan