Pendidikan

Muhadjir minta para guru jujur dalam UN

6.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
07:55
02 APR 2017
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyerukan para guru untuk mengutamakan kejujuran dengan tidak memberikan sontekan dalam bentuk apa pun dalam pelaksanaan ujian nasional tingkat SMK yang dilaksanakan mulai Senin (3/4).

"Hari Senin besok sudah dimulai penyelenggaraan UN untuk jenjang SMK, saya imbau sekolah jauhkan praktik kecurangan dan utamakan kejujuran dalam penyelenggaraannya. Kita berharap penyelenggaraan UN tahun ini dapat lebih baik dari tahun lalu, dan marilah kita bangun Indonesia menjadi lebih bersih jauh dari praktik kecurangan," kata Muhadjir di Kendari, hari ini.

Mendikbud rencananya akan meninjau persiapan dan pelaksanaan UN untuk SMK di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pelaksanaan UN SMK di kabupaten tersebut diikuti oleh 146 siswa dari empat SMK yang tersebar di empat pulau, yakni Pulau Wangiwangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binangko.

Semetara, penyelenggaraan UN di Kabupaten Wakatobi 100 persen masih berbasis kertas dan pensil (UNKP), dan secara keseluruhan diikuti 4.485 peserta dari 86 satuan pendidikan mulai jenjang SMP, SMA, dan SMK.

Pada jenjang SMP diikuti 2.141 siswa dari 25 satuan pendidikan, dan jenjang SMA diikuti 1.766 siswa dari 25 satuan pendidikan.

Sedangkan untuk pendidikan non-formal UN tahun ini diikuti 432 siswa dari lima satuan pendidikan.

Penyelenggaraan UN tahun 2017 di Provinsi Sulawesi Tenggara akan diikuti oleh 95.813 peserta, dan 1.647 satuan pendidian jenjang pendidikan SMP dan SMA/SMK.

Dalam pelaksanaannya 11.135 peserta UN dan 54 satuan pendidikan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sedangkan pelaksanaan UNKP diikuti oleh 84.678 peserta dan 1.593 satuan pendidikan. Naskah UNKP telah tiba di masing-masing kabupaten/kota ada tanggal 27 Maret 2017.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
Pendidikan