Pendidikan

Ibu empat anak sekaligus wanita karir baca 117 buku dalam 6 bulan

8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:17
04 JUL 2017
Di Elson (kanan) bersama putrinya Phoebe
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir kadang membuat seorang perempuan tidak memiliki waktu untuk dirinya sendiri. Namun entah bagaimana caranya, seorang ibu empat anak yang memiliki pekerjaan purna waktu bernama Di Elson dapat membaca 117 buku selama 6 bulan tahun lalu.

Elson mengaku bahwa awalnya dia sama sekali tidak berniat membaca satupun buku-buku tersebut.

Dia "terpaksa" membaca lebih dari 100 buku itu karena merupakan satu dari tiga orang yang dipilih oleh Dewan Buku Anak-Anak Australia (CBCA) untuk mengkritik dan menilai buku-buku yang ditulis untuk pembaca usia antara 7 dan 13 tahun, dikutip dari Australia Plus.

Tak seperti kebanyakan juri CBCA lainnya, Elson tak memiliki kualifikasi di bidang sastra secara formal yang membuatnya cocok untuk menjadi juri.

"Saya juri yang agak tak biasa. Mungkin itu cara terbaik untuk menggambarkannya," tawanya.

"Saya bukan pustakawan, saya bukan pemilik toko buku, dan saya bukan penulis yang menerbitkan buku. Tapi, saya adalah orang tua dengan empat anak yang merupakan pembaca setia buku,” tutur Elson.

"Dan saya juga suka membaca, jadi bagi saya, ini tentang pencarian literatur anak-anak yang baik," sambungnya.

Tujuh buku dalam suatu siang

Elson mengatakan, membaca halaman demi halaman 117 buku dalam enam bulan adalah semacam pengembaraan, terutama saat ia menyeimbangkan kehidupan keluarganya dengan tanggung jawab untuk menjadi juri.

"Saya menyiapkan meja makan di rumah dan menempatkan tumpukan buku yang berserakan yang tak boleh dipindahkan oleh siapa pun," katanya.

"Sempat ada kalanya saya berkata, ‘Maaf, kamu harus menjaga dirimu sendiri karena saya sedang membaca,'" ungkap Elison.

Ia mengatakan, alih-alih mengirim 117 buku sekaligus dalam satu paket, CBCA justru melakukan beberapa kali pengiriman berisi 30 buku setiap paketnya.

"Karena kami harus mengembalikan setiap paket dalam jangka waktu tertentu, pada suatu Sabtu siang, saya harus duduk dan membaca tujuh buku," ujar Elson. "Akibatnya, saya merasa kelelahan dan (buku-buku itu) hampir mulai terlihat kabur."

Pemenang diumumkan bulan Agustus

Usaha membaca marathon yang dilakukan Elson selesai pada Desember.

"Saya membutuhkan sedikit istirahat setelah Natal sebelum memutuskan untuk membaca sebuah novel sebagai hiburan semata," katanya tertawa.

Namun, tugasnya sebagai juri belum benar-benar selesai. Dia masih harus menyusun laporan untuk setiap buku yang dibacanya.

Meski sebagian besar pekerjaan itu telah selesai, Elson enggan memberikan petunjuk apapun tentang buku mana yang akan diumumkan sebagai pemenang Agustus nanti.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Pendidikan