Bisnis

Bank Dunia Prediksi Ekonomi Vietnam Ungguli Indonesia

1.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:48
21 JUL 2016
Dok. Lalu lintas kota Saigon
Editor
Davi Harjoto
Sumber
Antara

Rimanews - Bank Dunia proyeksikan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Vietnam pada tahun ini sekitar 6 persen. Direktur Bank Dunia untuk Vietnam, Achim Fock mengatakan bahwa angka pertumbuhan Vietnam agak melambat tahun ini.

Sebelumnya, pertumbuhan PDB Vietnam diproyeksikan mencapai 6,5 persen, setelah sebelumnya mencapai pertumbuhan fenomenal 7 persen pada kuartal IV.

Meskipun dikatakan melambat, pertumbuhan Vietnam masih lebih baik daripada Indonesia yang diproyeksikan oleh Bank Dunia mencapai sekitar 5,2 persen dan 5,5 persen pada tahun 2017 nanti. 

Menurut Bank Pembangunan Asia (ADB) risiko yang masih menjadi tantangan perekonomian Indonesia adalah realisasi pendapatan yang lebih kecil dari proyeksi semula sehingga dapat menghambat rencana pemerintah untuk membangun infrastruktur.

Selain itu, tantangan domestik lainnya adalah pertumbuhan kredit yang terus melemah dan berpotensi memperlambat pulihnya investasi swasta domestik. Sedangkan, risiko eksternal yang utama adalah pertumbuhan global yang lebih lemah dari prakiraan awal dan meningginya gejolak pasar finansial dunia.

Proyeksi ADB tersebut muncul berdasarkan pencapaian perekonomian Indonesia yang tumbuh 4,9 persen pada triwulan pertama 2016, didukung oleh pengeluaran rumah tangga dan investasi yang lebih kuat.

Laju inflasi diperkirakan rendah berkat stabilnya harga bahan bakar, gas cair, dan tarif listrik. Nilai tukar rupiah yang relatif stabil turut mendukung kinerja konsumsi domestik.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Bisnis