Bisnis

Kata WTO momentum perdagangan global akan moderat

1.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
07:05
15 FEB 2017
Logo Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO). (Wikimedia Commons)
Reporter
Ahmad Dhani
Sumber
Antara

Rimanews- P ertumbuhan perdagangan global akan terus meningkat secara moderat pada kuartal pertama 2017 setelah menguat di kuartal terakhir tahun lalu, demikian Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Selasa.

Dengan angka saat ini 102,0, poin-poin World Trade Outlook Indicator atau WTOI  berada  di atas tren pertumbuhan perdagangan pada Februari-Maret. WTOI telah meningkat lebih lanjut di atas tren sejak rilis terakhir tiga bulan yang lalu, ketika indikator berdiri di 100,9 pada November 2016.

Menurut statistik WTO, indikator yang terkait dengan perdagangan termasuk angkutan udara, penjualan mobil, pesanan ekspor dan pengiriman kontainer semuanya mencatat kenaikan yang mantap dalam beberapa bulan terakhir, menandakan pertumbuhan yang lebih cepat dalam volume perdagangan barang di beberapa bulan pertama tahun ini. Namun, perdagangan elektronik dan bahan baku pertanian keduanya sedikit di bawah tren.

WTOI adalah indikator utama perdagangan dunia, yang dirancang untuk memberikan informasi "real time" tentang lintasan perdagangan barang tiga sampai empat bulan menjelang statistik volume perdagangan. WTOI menggabungkan beberapa indeks terkait perdagangan menjadi indikator komposit tunggal untuk mengukur kinerja jangka pendek terhadap tren jangka menengah.

Sebuah pembacaan 100 menunjukkan pertumbuhan perdagangan sejalan dengan tren, sementara angka lebih besar atau kurang dari 100 menunjukkan di atas atau di bawah tren pertumbuhan, demikian Xinhua.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
Bisnis