Investasi

INKA: kereta bandara Soetta selesai tepat waktu

6.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:47
28 APR 2017
Ilustrasi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

 

Rimanews - PT INKA (Persero) mengatakan, proyek kereta api menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan selesai tepat waktu.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa kami kirim ke Jakarta," ujar Manajer Senior Sekretaris Hubungan Massa dan CSR PT INKA, Cholik Mochamad Zam-Zam, di Madiun, hari ini.

Kereta bandara Soetta itu pesanan dari PT Railink selaku anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Angkasa Pura II (Persero). 

Kereta itu akan berjumlah sebanyak 10 rangkaian. Jika selesai sesuai jadwal, kereta itu akan diserahkan pada 30 Juli nanti untuk tahap pertama. 

Kehadiran kereta api dari dan menuju bandara Soetta diharapkan mampu mengurangi beban jalan tol Sedyatmo yang sudah sangat padat.

Adapun beban layanan bandara Soetta saat ini sudah 66 juta pemakai jasa penerbangan per tahun, melonjak berkali lipat ketimbang saat bandara terbesar di Indonesia itu dibangun pada 1986, yaitu hanya 25 juta orang per tahun. Angka ini belum meliputi beban layanan kargo udara. 

Sesuai rencana, nanti kereta bandara Soetta tersebut akan dimulai dari Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, INKA juga telah memproduksi kereta untuk Bandara Internasional Kualanamu, di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Selain memenuhi pesanan rangkaian kereta untuk kedua bandara itu, INKA juga sedang mengerjakan kereta Light Rail Transit untuk Asian Games 2018 di Palembang. 

INKA juga sedang menggarap 438 kereta pesanan KAI dan sedang menunggu penandatanganan kontrak pembuatan kereta ekspor ke Bangladesh untuk tahap ketiga. 

Ditargetkan, nilai total penjualan INKA untuk 2017 mencapai Rp2,6 triliun, yang meningkat dari target 2016, Rp1,6 trilin dengan realisasi Rp1,8 triliun.

KATA KUNCI : , , , , , ,
Terbaru
Investasi