Afrika

Minibus lindas ranjau di Somalia, 14 penumpang tewas

5.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:45
07 APR 2017
Dok. Ranjau.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Sedikitnya 14 warga sipil tewas dan beberapa orang lainnya terluka setelah minibus yang mereka tumpangi mengenai ranjau darat di Lower Shebelle, Somalia selatan, menurut keterangan polisi. 

“Sebanyak 14 warga sipil, tujuh di antaranya perempuan, tewas akibat ledakan ranjau darat dekat Golweyn. Minibus mengangkut 21 orang ketika melewati ranjau dan sebagian besar dari mereka tewas akibat ledakan,” ujar polisi setempat, Ibrahim Isack, kepada AFP, kemarin.

Menurut Isack, ranjau dipasang kelompok bersenjata Al Shabaab.

Kendaraan nahas itu sedang dalam perjalanan dari kota Bulomarer menuju Marka ketika mengenai ranjau dekat Desa Golweyn yang berlokasi sekitar 120 kilometer dari ibu kota di kawasan yang diperebutkan antara pasukan pemerintah bersama Uni Afrika dan militan Shabaab. 

Ledakan terjadi hanya beberapa jam setelah Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed mengumumkan perang melawan ekstremis. 

“Saya mengumumkan perang di negara ini dan meminta rakyat untuk mendukung militer nasional dalam memerangi teroris,” ujar presiden, yang juga dikenal dengan nama panggilan Farmajo, dalam konferensi pers. 

Farmajo, yang dilantik pada Februari lalu, mengganti panglima militer, kepala kepolisian dan kepala badan intelijen nasional sebagai upaya memerangi ekstremis.

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
Afrika