Amerika

53 orang ditembak selama libur Natal di Chicago

2.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:13
27 DES 2016
Ilustrasi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Sembilan orang terluka akibat tembakan pada Senin siang, membuat total korban penembakan selama libur Natal di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat, menjadi lebih dari 50 orang.

Sejak Jumat hingga Senin, 53 orang ditembak dalam peristiwa terpisah dan menurut laporan media, 12 di antaranya telah meninggal dunia sementara belasan lainnya kritis.

Sebagian besar kasus penembakan terjadi di daerah yang memiliki "sejarah konflik antar geng di Chicago selatan dan barat", kata juru bicara Departemen Kepolisian Chicago Anthony Guglielmi, dikutip dari Los Angeles Times hari ini.

"Sembilan puluh persen korban luka berat memiliki afiliasi dengan kelompok geng tertentu, catatan kriminal dan sudah diidentifikasi oleh algoritme subjek strategis kepolisian sebagai tersangka atau korban penembakan potensial," tambahnya.

Kepolisian memiliki sistem terkomputerisasi yang memberikan angka 1 sampai 500 kepada seluruh warga Chicago berdasarkan catatan kriminal dan aktivitas keluarga atau rekan-rekannya. Mereka yang mendapatkan angka di atas 200 dianggap berpotensi menjadi korban atau pelaku penembakan.

Sepanjang tahun ini, lebih dari 700 kasus pembunuhan terjadi di Chicago dan lebih dari 4.000 orang ditembak. Menurut Chicago Tribune dan data kepolisian, ini merupakan yang tertinggi sejak akhir tahun 1990an.

Angka tersebut meningkat drastis dari tahun lalu saat 448 orang tewas terbunuh di Chicago.

Terbaru
Amerika