Amerika

Amerika sebut tuduhan Erdogan soal dukungan untuk ISIS menggelikan

2.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:32
28 DES 2016
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Amerika Serikat mengatakan, klaim Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bahwa negara Barat mendukung ISIS di Suriah "menggelikan".

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Mark Toner mengatakan, tuduhan Erdogan sama sekali tidak berdasar meski mengakui situasi di Suriah cukup kompleks.

"Kami sadar tentang ketegangan yang terjadi antara pasukan dukungan Turki dan YPG dan kelompok lain yang kami dukung di daerah tersebut," kata Toner, seperti dikutip dari Euronews hari ini.

"Itulah alasan mengapa kami bekerja sama, mendiskusikannya dan berusaha berkoordinasi dengan mereka."

Sebelumnya, Erdogan mengaku memiliki bukti-bukti berbentuk foto dan video terkait dukungan AS dan koalisinya kepada sejumlah kelompok teroris di Suriah, termasuk kelompok Kurdi seperti Unit Perlindungan Masyarakat (YPG) dan Partai Persatuan Demokrat (PYD), bahkan ISIS.

"Mereka menuduh kami mendukung Daish," kata Erdogan dalam konferensi pers di Ankara, merujuk pada akronim bahasa Arab untuk ISIS. "Sekarang mereka memberikan dukungan kepada kelompok teroris termasuk Daish, YPG, PYD. Ini sangat jelas. Kami memiliki bukti berbentuk gambar, foto dan video."

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
Amerika