Amerika

Trump buat hoax soal serangan teror oleh pengungsi di Swedia

4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:07
20 FEB 2017
Donald Trump. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuat cerita palsu atau hoax soal serangan teror di Swedia yang dilakukan pengungsi.

Tak ada satupun media di Swedia dan dunia yang melaporkan serangan oleh atau melibatkan pengungsi. Pernyataan Trump pun mendapat tanggapan sinis dari mantan perdana menteri Swedia Carl Bildt di Twitter.

"Swedia? Serangan teror? Apa yang dihisapnya? Pertanyaan menumpuk," kata Bildt lewat akunnya, @carlbildt, kemarin.

Dalam pidatonya di Bandar Udara Internasional Orlando-Melbourne, Trump mengatakan: "Lihatlah apa yang terjadi di Jerman, lihatlah apa yang terjadi di Swedia semalam ... Swedia. Siapa yang mempercayainya? Swedia ... Mereka menerima banyak (pengungsi). Mereka kini memiliki masalah yang mereka kira tak mungkin terjadi."

Trump merujuk pada film dokumenter karya Ami Horowitz tentang imigrasi di Swedia yang disiarkan dalam Tucker Carlson Tonight di Fox News. Horowitz dalam filmnya mengklaim kebijakan halus imigrasi Swedia terhadap pengungsi ada kaitannya dengan meningkatnya angka kejahatan di negara tersebut. Dia juga menuduh pemerintah Swedia berusaha menutup-nutupi hal tersebut.

Film Horowitz tidak menyebutkan satupun insiden yang melibatkan pengungsi di Swedia pekan ini, atau beberapa pekan terakhir, demikian sebagaimana dikutip dari News.com.au.

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
Amerika