Amerika

Dubes Rusia meninggal usai kolaps di markas PBB

3.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:31
21 FEB 2017
Vitaly Churkin
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Aljazeera

Rimanews - Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin yang selalu membela tindakan Moskow di Suriah meninggal dunia secara tiba-tiba di New York, Amerika Serikat, di usia 64 tahun, sehari sebelum ulang tahunnya.

Churkin kolaps saat sedang bekerja di kantor misi Rusia untuk PBB Senin (20/02) pagi dan langsung dilarikan ke sebuah rumah sakit di Manhattan. Sumber diplomatik mengatakan kepada AFP Churkin memiliki masalah dengan jantungnya, dikutip dari Al Jazeera.

Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan kematiannya, Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut Churkin sebagai diplomat luar biasa.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin "sangat menghargai diplomatik berbakat dan profesional seperti Vitaly Churkin" dan mengungkapkan bela sungkawanya, Interfax melaporkan.

Jubir Kemlu Rusia Maria Zakharova memberikan penghormatan kepada Churkin di Facebook. "Diplomat yang hebat. Pribadi yang luar biasa. Individu yang baik. Kami kehilangan seseorang yang sangat kami sayang," tulisnya.

Kematian mendadak Churkin membuat kaget sejumlah diplomat di markas besar PBB karena dirinya telah berkantor di sana selama beberapa dekade. Churkin seharusnya merayakan ulang tahun ke-65 hari ini.

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
Amerika