Amerika

Jon Huntsman ditunjuk sebagai Dubes AS untuk Rusia

4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:25
09 MAR 2017
Jon Huntsman. Foto: USA Today
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Mantan gubernur Utah dan kandidat presiden Amerika Serikat pada Pemilu 2012 ditunjuk Donald Trump sebagai duta besar untuk Rusia, kata pejabat Gedung Putih.

Jon Huntsman pernah menjadi Dubes Cina di era kepemimpinan Barack Obama dan Singapura saat George HW Bush menjabat. Dia berencana mencalonkan diri sebagai Senat pada 2018, The Associated Press melaporkan, dikutip dari USA Today.

Kabar penunjukkan Huntsman pertama kali diberitakan Politico berdasarkan ucapan pejabat Gedung Putih yang tak ingin disebut namanya.

Pria 56 tahun itu memiliki hubungan yang pasang surut dengan Trump selama kampanye tahun lalu. Pada Oktober, misalnya, dia mendesak Trump mundur dari pertarungan memperebutkan kursi Gedung Putih setelah rekaman audio cabul beredar. Huntsman bahkan menyarankan agar Wakil Presiden Mike Pence maju menggantikan Trump.

Trump juga pernah mengkritik Huntsman di masa lalu. Pada 2011 dan 2012, pengusaha asal New York itu menyebut Huntsman "petinju kelas ringan" dan "lemah" di Twitter terkait sikapnya yang dianggap lembek selama menjabat sebagai Dubes di Cina.

Namun, kedua belah pihak tampaknya sudah mengubur perbedaan di antara mereka selama masa transisi, kata pejabat Gedung Putih kepada AP.

KATA KUNCI : , , , , , ,
Terbaru
Amerika