Amerika

Bencana longsor di Kolombia tewaskan 17 orang

6.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:51
20 APR 2017
Dok. Longsor.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Sedikitnya 17 orang tewas dan tujuh lainnya hilang akibat longsor di Manizales, Kolombia, kata pemerintah. Ini merupakan longsor mematikan kedua yang terjadi di negara tersebut sepanjang bulan ini.

Longsor di Manizales, ibu kota Provinsi Caldas, yang terkenal dengan kopinya, sebelah barat Bogota, terjadi setelah bencana serupa di Mocoa, Putumayo, awal bulan ini, dan menewaskan lebih dari 320 orang serta menyebabkan ribuan orang mengungsi.

"Kami membantu untuk menemukan yang hilang ... dan sayangnya, jumlahnya akan terus bertambah," kata Presiden Kolombia Juan Manuel Santos.

Sedikitnya 57 rumah terkena dampak, kata pemerintah.

Media setempat melaporkan, curah hujan yang mengguyur Manizales sebelum longsor terjadi setara curah hujan dalam sebulan.

Regu penyelamat dari Palang Merah, pertahanan sipil, petugas pemadam kebakaran dan angkatan bersenjata mencari korban yang lenyap di lumpur dan puing bangunan yang hancur

Layanan air, listrik, dan gas telah ditangguhkan di daerah yang terkena dampak longsor.

"Keadaan di Manizales sangat mengkhawatirkan, jumlah korban jiwa menyedihkan," kata Menteri Transportasi Jorge Eduardo Rojas saat bertemu dengan gubernur provinsi dan wali kota dari kota itu.

Prakiraan cuaca memprediksikan setidaknya akan terjadi dua hari hujan di daerah itu. Bahkan, di negara ini sering terjadi longsor, yang pada 2015 menewaskan hampir 100 orang.

Longsor paling mematikan di Kolombia, bencana Armero pada 1985, membunuh lebih dari 20.000 orang, demikian sebagaimana dikutip dari Reuters.

Terbaru
Amerika