Amerika

Menhan Amerika: blokade atas Qatar sangat kompleks

5.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
08:36
13 JUN 2017
James Mattis
Reporter
Abdullatif Assalam
Sumber
Daily Mail

Rimanews - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis mengatakan, blokade atas Qatar oleh tetangga-tetangganya, termasuk Arab Saudi, merupakan "situasi yang sangat kompleks". Mereka harus menemukan kesamaan kepentingan untuk berdamai.

Di hadapan anggota Komite Angkatan Bersenjata DPR AS, Senin (12/06/2017), pria yang mendapat julukan Mad Dog dari media itu mengatakan bahwa Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani mewarisi situasi sulit dari pendahulunya dan berjalan ke arah yang benar.

Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan Uni Emirat Arab secara hampir bersamaan, atau hanya dalam waktu 20 menit, mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar pada Senin pekan lalu. Selain memutus hubungan diplomatik, keempat negara tersebut juga menutup akses ke Qatar baik melalui darat, laut dan udara karena dianggap mendukung aktivitas terorisme dan mencampuri urusan negara lain di Timur Tengah.

Qatar membantah segala tuduhan yang dialamatkan kepada mereka.

Langkah keempat negara tersebut kemudian diikuti Libya, Maladewa, Mauritania, Yaman, dan Senegal.

Washington sangat berkepentingan dengan kestabilan di Qatar karena menjadi markas Komando Sentral AS dengan 10 ribu tentara, yang mengoordinasikan serangan udara di Suriah dan Irak serta beberapa negara Timur Tengah lainnya.

Terbaru
Amerika