Asia

Cina berusaha cegah perang antara Korut dan AS

4.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:31
08 MAR 2017
Wang Yi. Foto: New Eastern Outlook
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mendesak Korea Utara menghentikan aktivitas nuklir dan Amerika Serikat menangguhkan latihan perang dengan Korea Selatan agar kedua negara tidak terlibat pertempuran.

"Kedua belah pihak seperti kereta cepat yang akan bertabrakan, (dan) tak ada pihak yang bersedia memberikan jalan," kata Wang dalam konferensi pers di sela Kongres Rakyat Nasional di Beijing, hari ini, dikutip dari Bloomberg. "Pertanyaannya adalah, apakah mereka siap bertabrabrakan? Prioritas kami sekarang menyalakan lampu peringatan dan menghentikan kedua kereta."

Dia juga mengatakan Korsel membuat kesalahan dengan mempersiapkan sistem pertahanan anti-rudal AS, THAAD, yang mengancam keamanan Cina.

Menlu AS Rex Tillerson dijadwalkan bertemu Presiden Cina Xi Jinping di Beijing pekan depan untuk membahas hubungan kedua negara.

Dilansir Al Jazeera, dalam konferensi persnya, Wang berharap Cina dan AS "dapat benar-benar bangkit dari gagasan lama, membuka cakrawala baru dan membangun hubungan yang baru lagi dewasa sehingga dapat menenangkan pikiran rakyat kedua negara dan membuat dunia tenteram".

Dia menambahkan hubungan antara Cina dan AS saat ini berada di "jalur positif".

KATA KUNCI : , , , , , ,
Terbaru
Asia