Asia

Protes pemakzulan presiden Korsel, 2 tewas

4.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:13
10 MAR 2017
Dok. Demonstran mambawa poster bergambar Presiden Korsel Park Geun-hye dalam aksi unjuk rasa mendesak pemakzulannya. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
TIME

Rimanews - Dua orang tewas dalam unjuk rasa memprotes pemakzulan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, The Associated Press melaporkan.

Siang tadi, tim medis di sebuah rumah sakit mengatakan pria 70 tahunan meninggal dunia akibat menderita luka di bagian kepala usai terjatuh dari bus polisi di depan gedung Mahkamah Konstitusi Korsel. Polisi tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai korban tewas kedua.

Kekacauan mulai terjadi saat hakim mengumumkan pemakzulan presiden wanita pertama Korsel terkait skandal korupsi, yang menyeret sahabat dekatnya, Choi Soon-sil, hari ini. Peserta unjuk rasa, baik pro maupun kontra terhadap Park, yang menyaksikan pengumuman hakim melalui layar raksasa langsung bereaksi.

"Kami mengumumkan keputusan bulat para hakim. Kami memberhentikan terdakwa presiden Park," kata hakim Lee Jung-mi.

Pendukung Park yang diperkirakan berjumlah seribuan orang melemparkan batu dan benda lain ke arah polisi anti-huru hara. Beberapa di antaranya berusaha memanjat bus yang mengelilingi mereka dan terlibat bentrok dengan polisi.

Tak lama setelah hakim mengambil keputusan, Menteri Pertahanan Korsel Han Min-koo memperingatkan militer agar selalu siap siaga untuk mengantisipasi provokasi strategis atau operasional dari Korea Utara yang mungkin akan berusaha mengeksploitasi "ketidakstabilan baik di dalam maupun luar negeri".

Terbaru
Asia