Asia

Rodrigo Duterte hadapi upaya pemakzulan

4.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:52
16 MAR 2017
Rodrigo Duterte. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Anggota parlemen oposisi Filipina secara resmi mengajukan tuntutan pemakzulan terhadap Presiden Rodrigo Duterte karena dianggap melakukan tindakan kriminal berat, mengkhianati kepercayaan publik, dan menyalahgunakan kekuasaan.

Gary Alejano mengatakan, Duterte telah melakukan tindakan-tindakan melanggar hukum, seperti menyembunyikan aset, melakukan pembunuhan ekstra yudisial sampai memiliki skuad jagal ketika menjabat sebagai wali kota Davao, sehingga layak untuk dimakzulkan, dikutip dari the Guardian hari ini.

Menanggapi tuntutan pemakzulan tersebut, juru bicara Duterte mengatakan Alejano berusaha menimbulkan keraguan dalam benak masyarakat terhadap pemerintah.

Alejano mengatakan, tujuannya mengajukan tuntutan atas Duterte adalah untuk memberikan kesempatan kepada rakyat Filipina untuk berbicara menentang presiden mereka.

"Tujuan kami adalah agar hal ini dapat dijadikan kendaraan oleh rakyat Filipina untuk menyuarakan perlawanan mereka terhadap pelanggaran dan kejahatan yang dilakukan Presiden Duterte," kata Alejano. "Kami tahu ini akan jadi perjuangan yang berat ... Tapi, kami yakin banyak yang akan mendukung tuntutan ini."

Terbaru
Asia