Asia

Melbourne pasang pagar beton di pusat kota lindungi pejalan kaki dari teror

9.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:09
24 JUN 2017
Reporter
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pemerintah Negara Bagian Victoria, Australia, memasang beton di berbagai sudut kota untuk mencegah serangan teror menggunakan kendaraan terhadap pejalan kaki seperti yang terjadi di Jalan Bourke.

Sekitar 140 beton pengaman dipasang di delapan kawasan pejalan kaki di seputaran kota, yang dipandang polisi sebagai tempat penting dan harus mendapatkan pengamanan. "Saya tahu mungkin bagi banyak orang beton ini tidak tampak cantik, namun ini bersifat sementara, tetapi dimaksudkan untuk memastikan kami mengurangi risiko bagi masyarakat," kata Menteri Urusan Polisi Victoria Lisa Neville, dikutip dari Australia Plus.

"Beton-beton ini ditempatkan di daerah di mana polisi melihat adanya tingkat konsentrasi pejalan kali paling banyak dan tempat di mana banyak orang berkumpul. Jadi, ini usaha mengurangi risiko." tambahnya.

"Mereka nantinya akan diganti dengan pengaman yang permanen, yang akan terlihat lebih bagus namun ini semua adalah usaha mengurangi kemungkinan adanya tindakan teroris di kota kita."

Beton-beton pengaman itu sudah dipasang di beberapa lokasi, yakni:

1. Queensbridge Square di Queensbridge Street, Southbank

2. Queensbridge Square di persimpangan pejalan kaki di Southbank Boulevard footpath

3. Boathouse Drive di bawah Princes Bridge

4. Federation Square di persimpangan Swanston Street/Flinders Street

5. Flinders Street Station di persimpangan Swanston Street/Flinders Street intersection

6. Southern Cross Station antara Collins Street dan Little Collins Street

7. Southern Cross Station di Bourke Street

8. Di sekitar Queen Victoria Market

Januari lalu, enam orang tewas dan belasan lainnya mengalami cedera ketika seorang pria secara sengaja mengendarai mobilnya dengan kecepatan tinggi di jalur khusus pejalan kaki.

Awal bulan ini, seorang pria mengendarai mobil di sepanjang Jalan Swanston, yang sebenarnya terlarang untuk mobil, dan pengendaranya mencari sasaran lembaga keuangan, bukan pejalan kaki.

Semakin banyak pengaman akan dipasang di Melbourne

Beton pengaman ini merupakan tambahan untuk 66 pengaman lainnnya yang sudah dipasang di Jalan Bourke dan Federation Square awal bulan ini dan masih akan lebih banyak lagi dipasang di lokasi yang tidak disebutkan.

Neville tidak bisa memastikan kapan beton pengaman sementara ini akan diganti dengan yang permanen.

"Kami sedang mempertimbangkan solusi terbaik dari sisi teknologi, yang tidak akan mengganggu para pengguna transportasi, namun juga memberikan keamanan yang kita perlukan," katanya.

Pemerintah Victoria sudah menganggarkan dana 10 juta dolar Australia atau sekitar Rp100 miliar untuk menggantikan beton pengaman sementara ini dengan yang permanen atau yang bisa dipindahkan dengan mudah.

"Beton pengaman ini akan memberikan keamanan lebih bagi siapa saja yang mengunjungi atau berkumpul di tengah kota," kata kota praja City of Melbourne dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah negara bagian dan Polisi Victoria guna memastikan kawasan publik ini aman."

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Asia