Asia

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dipastikan tewas

9.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
10:16
12 JUL 2017
Dok : Abu Bakr al-Baghdadi
Reporter
Andika Pratama
Sumber
Reuters

Rimanews - Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia memastikan pemimpin kelompok ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Rusia di daerah Deir al-Zour.

Laporan tersebut selang beberapa hari setelah tentara Irak merebut kembali kota Mosul, Irak Utara, usai dikuasai ISIS selama hampir tiga tahun.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada bulan Juni lalu pihaknya mengklaim membunuh Baghdadi ketika salah satu serangan udara menghantam kerumunan anggota ISIS di pinggiran kota Raqqa, Suriah. Namun, saat itu belum ada informasi lanjutan.

Menurut Stasiun televisi Irak, Al Sumaria, ISIS sudah memastikan kematian Baghdadi dan telah memilih penggantinya di Kota Tal Afar, sebelah barat Mosul, Selasa (11/7/2017).


(jenazah yang diduga Abu Bakr al-Baghdadi)

Masih dengan laporan yang sama, pengumuman pengganti Baghdadi sempat ricuh antara pendukung dan penolak Baghdadi. Belasan anggota ditangkap dan ISIS memberlakukan jam malam di Tal Afar.

Baghdadi lahir Ibrahim Awad al-Samarrai pada tahun 1971 di Tobchi, daerah miskin dekat Samarra, sebelah utara ibukota Baghdad.

Dia bergabung dengan pemberontakan jihad Salafi pada tahun 2003, ketika Amerika Serikat menginvasi Irak dan sempat ditangkap namun dilepaskan.

Pada 4 Juli 2014, pria berusia 46 tahun itu mengumumkan kekhalifahan di masjid al-Nuri di Mosul saat salat Jumat. Ribuan relawan berbondong-bondong ke Irak dan Suriah dari seluruh dunia untuk menjadi "Jund al-Khilafa", atau tentara khilafah.

Terbaru
Asia