Asia

Lempar wanita Muslim dengan botol bir, pria Australia didenda Rp24 juta

8.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:01
14 JUL 2017
Dok. Beberapa anggota English Defence League melecehkan wanita Muslim.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pria asal Perth dinyatakan bersalah telah menyerang wanita Muslim dengan melemparkan botol bir kepadanya dan meneriakkan kalimat tak pantas, seperti "Muslim sia**n."

Pengadilan Magistrat Fremantle mewajibkan Adam David Peters membayar denda A$ 2.400 atau setara Rp24 juta, sebagaimana dikutip dari Australia Plus, Jumat (14/07/2017).

Peters sedang mabuk bersama anak-anaknya di luar pusat perbelanjaan di daerah Beeliar, Australia Barat, Desember lalu, ketika Huyla Kandemir (34) lewat di depannya.

Ketika Peters mengatakan "Selamat Natal", Kandemir meresponnya dengan "bukan, selamat berlibur" karena dia seorang Muslim. Peters lalu meneriakkan kalimat-kalimat tak pantas kepada Kandemir.

Mendapat perlakuan kasar tersebut, Kandemir lalu mengayunkan tas belanjanya ke arah Peters, yang dibalas dengan lemparan botol minuman keras.

Peters membantah meneriakkan kalimat tak pantas dan menyerang Kandemir dengan mengklaim bahwa tindakannya tidak salah dan masuk akal karena terprovokasi.

Namun, Hakim Peter Malone menyebut Peters sebagai pihak yang memulai konfrontasi dengan mencaci-maki Kandemir. Bukti yang diajukan Kandemir berupa botol bir juga kredibel, lanjut dia.

Peters tidak memberikan komentar apapun saat meninggalkan pengadilan.

Setelah dicaci-maki dan dilempar botol bir, Kandemir yang terpancing emosinya lalu melepaskan kerudung yang dikenakannya dan berteriak, "Apakah Anda ingin melihat rambut saya? Apakah Anda ingin melihat bokong saya?"

Kandemir yakin, dirinya menjadi sasaran serangan karena beragama Islam dan memakai kerudung, sehingga merasa harus membela diri.

"Saya tak suka apa yang ia katakan kepada saya, tidak menghormati iman saya sebagai Muslim," sebutnya.

"Mengapa menyerang saya karena menjadi seorang Muslim? Apa yang telah saya lakukan kepadanya? Saya sedang berbelanja, berjalan ke mobil saya. Apa yang saya perbuat kepadanya sehingga (dia) melakukannya?" tanya Kandemir.

Ia mengatakan bahwa dirinya yakin, Peters "mendapatkan apa yang seharusnya ia dapatkan" dan merasa puas dengan keputusan hakim karena kebenaran telah ditegakkan.

Terbaru
Asia