Asia

Australia buat RUU pelibatan militer dalam terorisme

5.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
08:35
17 JUL 2017
Editor
Dhuha Hadiansyah
Sumber
Antara

Rimanews - Pemerintah Australia mengusulkan perubahan undang-undang tentang pelibatan militer supaya berada pada posisi lebih siap dikerahkan untuk menghadapi aksi terorisme di dalam negeri.

Pemerintah Australia menyatakan bahwa negara bagian menempatkan pasukan kepolisian tetap menjadi respon terbaik pertama, tapi militer bisa menawarkan dukungan tambahan untuk meningkatkan kemampuan mereka menghadapi terorisme

Australia telah melihat serangkaian aksi-teror sehingga mendorong peninjauan ulang taktik polisi dan kekuasaan
negara bagian dan federal.

"Hal utama yang kita butuhkan adalah yang cara paling fleksibel membenahi aturan karena ancaman itu berubah sangat signifikan," kata Menteri Kehakiman Michael Keenan kepada Australian Broadcasting Corporation (ABC), Senin (17/07/2017).

Berdasarkan perubahan undang-undang yang diusulkan Pemerintah Australia, maka negara bagian dan pemerintah federal dapat meminta bantuan militer menanggapi insiden melebihi kemampuan kepolisian.

"Kita ingin memastikan kita bekerja sama dengan polisi, jadi apapun aset yang dimiliki Persemakmuran, termasuk kemampuan pertahanan sedang digunakan," kata Keenan.

Perubahan undang-undang yang diusulkan itu merupakan hasil dari tinjauan peran militer dalam kontra-terorisme dalam negeri sejak tahun 2005, demikian pernyataan Pemerintah Australia.

KATA KUNCI : , , ,
Asia