Asia

Pria Australia bangun rumah mewah ala Hobbit

6.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:43
17 JUL 2017
Rumah Nigel Kirkwood di Quindalup, Australia Barat. Foto: ABC South West
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pria Australia membangun rumah mewah di bawah tanah yang terinspirasi dari tempat tinggal para Hobbit dalam film "Lord of the Ring".

Nigel Kirkwood, yang dengan senang hati menyebut dirinya sebagai hobbit modern, membangun rumah impiannya di Quindalup, Australia Barat, sekitar 20 kilometer dari Busselton.

Ada hampir 1.000 ton tanah di atas rumah milik Kirkwood, yang membantu rumah itu mempertahankan suhu tetap konsisten sepanjang tahun.

Kirkwood mengatakan, dirinya mampu menghemat sampai $100 atau sekitar Rp1 juta karena tidak memerlukan alat pendingin atau pemanas ruangan.

"Saat kita duduk di sini, sekarang sekitar 17 derajat Celsius ... Ini yang paling dingin yang pernah saya rasakan di sini," katanya, seperti dikutip dari Australia Plus, Senin (17/07/2017).

"Biasanya saat musim dingin ringan, suhu di ruangan ini sekitar 18 sampai 19 derajat. Musim panas 23 derajat, dalam kasus terburuk."

Rumah Kirkwood tidak gelap dan suram, seperti dugaan banyak orang terhadap rumah ang terkubur setengahnya di dalam tanah, memiliki jendela besar dan kayu di dinding dan lantai.

Saat musim panas, Kirkwood berharap bagian atap rumahnya ditumbuhi bunga-bunga yang akan menarik perhatian segala jenis burung dan serangga.

Rumah itu dibangun menggunakan hampir 19 ton baja berkualitas tinggi dan dilapisi oleh lapisan tahan air Polyurea, yang membuatnya tahan api.

Kirkwood telah bekerja sekitar 25 tahun di industri pertambangan di Australia Barat dan dia mengatakan pengalamannya ini telah menginspirasinya untuk membangun rumah tersebut.

"Saya telah melihat struktur terowongan yang besar ketika berada di Karratha dan berpindah-pindah kerja di sekitar Pilbarra dan hanya ada beberapa terowongan besar seperti itu dan saya berpikir 'Wow, bagus sekali strukturnya,'" katanya.

Direktur Solar Dwellings, Griff Morris mengatakan, ada sejumlah rumah di bagian timur Australia Barat yang juga tertimbun tanah seperti milik Kirkwood. Yang membuat rumah Kirkwood unik, kata dia, adalah kerangka bajanya.

"Menggunakan bahan dari baja ini sangat baru, bukan untuk bentuk bangunannya tapi menggunakan struktur bergelombang seperti ini," katanya.

Morris mengatakan, struktur bangunan seperti ini bukan jenis rumah untuk semua orang, tapi menurutnya bentuk rumah seperti ini sangat ideal untuk beberapa orang di daerah, terutama di mana kebakaran semak biasa terjadi.

"Jika Anda berada di daerah yang sangat panas dan kering, ketika Anda terlindungi di bawah tanah Anda tidak memiliki masalah kelembaban atau masalah seismik," katanya.

"Anda harus berhati-hati dengan kelembaban, Anda harus melapisi bangunan dan Anda juga harus memastikan Anda mendapatkan ventilasi yang baik."

Morris menyakini gaya rumah seperti ini cenderung akan menjadi lebih populer saat orang mulai memahami teknologi di baliknya.

Kirkwood membuka rumahnya untuk publik pada Hari Rumah Berkelanjutan pada September dan berharap dapat mengilhami orang lain untuk berpikir secara berbeda mengenai bentuk bangunan.

Terbaru
Asia