Asia

Korut sesumbar rudalnya bisa hantam seluruh wilayah AS

5.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:14
29 JUL 2017
Dok. Peluncuran rudal balistik Korea Utara.
Reporter
Abdullatif Assalam
Sumber
Aljazeera

Rimanews - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan, uji coba kedua rudal balistik antarbenua (ICBM) menunjukkan bahwa mereka mampu menghantam seluruh wilayah Amerika Serikat.

Pernyataan tersebut dibuatnya beberapa jam setelah sejumlah pengamat menilai rudal balistik Korut dapat menjangkau beberapa kota penting di AS, termasuk Los Angeles dan Chicago, Jumat (28/07/2017).

Kantor berita Korut, KCNA, Sabtu, mengatakan, Kim sangat puas dengan hasil yang dicapai dalam uji coba rudal Hwasong-14, yakni mencapai ketinggian maksimal 3.725 kilometer dan jarak tembak 998 km sebelum kemudian jatuh di Laut Jepang.

Kim mengatakan, uji coba tersebut menegaskan kemampuan ICBM Korut dalam menyerang "berbagai daerah dan lokasi kapanpun", termasuk "seluruh" wilayah AS.

Analis memperkirakan, uji coba ICBM pertama Korut pada 4 Juli dapat menghantam Alaska, dan mengatakan bahwa peluncuran terbaru menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Namun, pernyataan tersebut mengundang tanya, karena Korut dapat menambah jarak tembak rudalnya hingga lebih dari 3.000 km hanya dalam jangka waktu kurang dari sebulan.

Segera setelah Korut menggelar uji coba, AS dan Korea Selatan menggelar lima latihan tembak.

Menteri Pertahanan Korsel Song Young-moo memohon kepada AS mengerahkan aset militer strategis mereka seperti pesawat siluman dan kapal induk serta sistem anti-rudal guna menangkal serangan Korut.

Presiden AS Donald Trump mengecam uji coba yang dilakukan Korut.

Tindakan semacam itu, kata Trump, hanya akan "semakin mengisolasi Korut, melemahkan ekonominya, dan membuat rakyatnya menderita."

Sementara Cina mendesak Pyongyang mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB dan menahan diri untuk tidak meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea, menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina sebagaimana dikutip Xinhua.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Asia