Eropa

Putin minta jatuhnya pesawat militer di Laut Hitam diselidiki

2.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:27
26 DES 2016
Reporter
Muhammad Adam Isnan
Sumber
Theguardian

Rimanews - Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan penyelidikan atas jatuhnya pesawat militer Rusia yang membawa 92 orang di Laut Hitam dalam perjalanan menuju Suriah.

"Saya sampaikan rasa belasungkawa mendalam kepada keluarga dan kerabat dari para korban kecelakaan,” kata Putin seperti dikutip dari the Guardian hari ini.

Dia memerintahkan Perdana Menteri Dmitry Medvedev membentuk komisi negara untuk menyelidiki kecelakaan itu. Penyelidikan ini akan menentukan apakah kecelakaan terjadi akibat pelanggaran keamanan.

“Operasi pencarian masih berlangsung, empat kapal, lima helikopter dan sebuah pesawat tak berawak sedang beroperasi di sekitar lokasi," ungkap juru bicara Kementrian Pertahanan Mayjen Igor Konashenkov.  
 
Lebih dari 3.000 personel, termasuk 100 penyelam bekerja sepanjang malam pada Minggu untuk mencari lokasi jatuhnya pesawat. Kemenhan Rusia mengatakan, puing-puing pesawat telah ditemukan oleh tim penyelamat sekitar 1,5 kilometer dari bibir pantai 
di kedalaman 50-70 meter.

Kantor berita Interfax mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan, sekitar enam jenazah sudah ditemukan.
 
Pesawat Tupolev Tu-154 membawa anggota paduan suara militer terkenal Alexandrov, serta penari, musisi dan wartawan, untuk konser tahun baru bagi pasukan di Suriah. Pesawat tersebut jatuh beberapa saat setelah lepas landas dari Sochi pada Minggu.

Sebanyak 84 penumpang dan delapan awak berada dalam pesawat saat hilang dari radar tak lama setelah lepas landas pada pukul 05:40 waktu setempat (0240 GMT) dari bandara Adler di Sochi, Rusia selatan. Pesawat itu berhenti di Adler dalam perjalanan dari Moskow menuju Suriah untuk mengisi bahan bakar.

Lembaga Rusia mengatakan semua kemungkinan penyebab kecelakaan sedang diperiksa, namun tim penyelidik yakin terorisme bukanlah penyebabnya. Kantor berita Rusia RIA mengutip seorang sumber keamanan menyebutkan, data awal menunjukkan pesawat jatuh karena kerusakan teknis, Reuters melaporkan.

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Eropa