Eropa

Jerman didesak tepati janji terima lebih banyak pengungsi

4.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:28
02 MAR 2017
Dok. Pengungsi di Jerman.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Kelompok pro-pengungsi mendesak pemerintah Jerman menepati janji dengan menerima lebih banyak pengungsi yang saat ini terdampar di Yunani seperti tercantum dalam kesepakatan Uni Eropa.

"Ada beberapa tempat kosong di sejumlah pusat penerimaan, kami memiliki pesawat, tetapi tidak memiliki kehendak politik" untuk menjalankan proyek relokasi pengungsi, ungkap Guenter Burkhardt, kepala kelompok hak pengungsi Pro Asyl, Rabu (01/03).

Jerman menerima lebih dari satu juta pencari suaka pada 2015 dan 2016.

Namun, berdasarkan program Uni Eropa tentang relokasi pengungsi yang terjebak di Italia dan Yunani, Berlin setuju menampung 27.500 pengungsi tambahan pada September. Sejauh ini, mereka baru menerima 2.042 pengungsi.

"Pemerintah Jerman dan negara Uni Eropa lainnya harus memenuhi janji dan segera membuka beberapa tempat relokasi," ujar Florian Westphal, direktur Doktor Lintas Batas Jerman.

Pada Desember 2015, 28 negara anggota Uni Eropa sepakat menawarkan perlindungan bagi 160.000 pengungsi yang melakukan perjalanan berbahaya melalui jalur laut menuju pantai di Yunani dan Italia.

Kesepakatan itu ditujukan untuk memberikan keringanan bagi kedua negara yang berada di garis depan Uni Eropa dalam krisis pengungsi serta memastikan bahwa beban tersebut dapat ditanggung bersama-sama oleh anggota blok tersebut.

Terbaru
Eropa