Eropa

Merkel akan lakukan pertemuan dengan Trump

4.6K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
07:31
04 MAR 2017
Angela Merkel (foto kiri) dan Donald Trump
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Kanselir Jerman Angela Merkel akan melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 14 Maret. 

Ketika ditanya soal laporan media terkait pertemuan Merkel-Trump, juru bicara Pemerintah Jerman Steffen Seibert kemarin mengatakan "kami tidak membantah (laporan tersebut)", lapor Xinhua

Ia menambahkan keterangan rinci akan diberikan pada "waktu yang tepat". 

Gedung Putih pada Jumat juga membenarkan Merkel akan melakukan kunjungan ke AS. Lawatan tersebut menjadi yang pertama kalinya dilakukan Merkel setelah Trump mulai menjabat sebagai presiden. 

Saat berkampanye pada pemilihan presiden AS, Trump telah secara terbuka mengkritik Merkel serta kebijakan Jerman soal pengungsi. Trump menyebut kebijakan Jerman sebagai "kegagalan yang mengandung malapetaka" serta sebuah "kekacauan". 

Kritikan tersebut menunjukkan awal hubungan yang tidak mulus antara Berlin dan Washington. 

Bulan lalu, Merkel menerima kedatangan Wakil Presiden AS Mike Pench pada Konferensi Keamanan Munich.

Merkel saat itu mengatakan konflik-konflik di dunia membutuhkan "upaya bersama". Pernyataan itu dilihat sebagai peringatan halus bagi kebijakan Trump yang unilateral dan anti-globalisasi.

Trump dijadwalkan berkunjung ke Jerman pada 7 dan 8 Juli untuk menghadiri pertemuan puncak negara-negara G20 selama dua hari di Hamburg. 

KATA KUNCI : , , , , ,
Terbaru
Eropa