Eropa

Beri makanan ke pengungsi, tiga relawan ditangkap di Italia

4.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:16
24 MAR 2017
Dok. Relawan memberikan pizza kepada pengungsi anak. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Satu relawan Inggris dan dua dari Prancis ditangkap di Italia saat membagikan makanan kepada pengungsi di kota Ventimiglia, dekat perbatasan Prancis, kata asosiasi tempat mereka bernaung dan polisi.

Tiga pekerja sukarela itu didakwa melanggar ketertiban kota.

“Kami sekitar 10 orang, tapi mereka menangkap dua sopir kendaraan yang mengangkut makanan, dan Simon, warga Inggris yang lupa membawa paspornya,” kata salah satu dari mereka Gerard Bonnet (64). “Mereka mengambil sidik jari dan foto kami dan membebaskan kami."

Polisi di Ventimiglia mengatakan kepada AFP tiga orang ditangkap pada Senin malam karena mendistribusikan makanan kepada para pengungsi, sebuah pelanggaran yang dapat berujung denda maksimal 206 euro atau setara Rp 2,95 juta atau kurungan penjara maksimal tiga bulan.

“Aktivitas (memberi makan pengungsi) dilarang oleh surat keputusan wali kota Ventimiglia,” kata polisi.

Wali kota menerapkan larangan mendistribusikan makanan kepada para pengungsi pada musim panas 2015 ketika kedatangan mereka, yang awalnya sporadis, mulai memblokir stasiun kereta api, menurut balai kota, yang meanambahkan bahwa kebijakan itu diambil untuk alasan sanitasi.

“Dia mempertimbangkan keputusan itu dengan matang. Distribusi makanan yang tidak diatur menimbulkan masalah,” kata pejabat kota yang tidak ingin disebutkan namanya kepada AFP.

Pada malam penangkapan, para relawan membagikan 160 kantong makanan, apel dan beberapa kaleng tuna serta pakaian kepada para pengungsi.

Sejak 2015, Eropa mengalami krisis pengungsi terburuk sejak Perang Dunia II, di mana ratusan ribu orang asal Timur Tengah dan Afrika melarikan diri dari negara mereka yang dilanda konflik berkepanjangan ke Benua Biru.

Terbaru
Eropa