Eropa

Umat Muslim selamatkan nyawa puluhan warga London

10.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:23
15 JUN 2017
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Korban kebakaran apartemen Grenfell Tower di London, Inggris, sangat berterima kasih kepada umat Muslim, karena berkat mereka puluhan nyawa dapat terselamatkan.

Penghuni Muslim di apartemen itu menjadi orang pertama yang mengetahui kebakaran pada Rabu (14/06/2017) karena sudah bangun untuk makan sahur sekitar pukul 01.00 dini hari waktu setempat. Mereka langsung menggedor-gedor pintu penghuni lain yang masih terlelap dan tidak mendengar alarm bahaya.

"Penghuni Muslim memainkan peran besar dalam menyelamatkan orang-orang dari apartemen. Kebanyakan orang yang saya lihat adalah Muslim. Mereka juga memberi kami makanan dan baju," kata Andre Barroso (33) kepada The Independent.

Sejauh ini, 17 orang dipastikan tewas dalam peristiwa tersebut. Warga mengatakan, jumlah korban mungkin akan lebih banyak lagi jika bukan karena pertolongan umat Muslim. Terdapat 120 rumah di Grenfell Tower. Sekitar 79 orang dilarikan ke rumah sakit usai kejadian, belasan di antaranya kritis.

"Jika bukan karena anak-anak Muslim di sekitar sini yang menolong kita, datang dari masjid-masjid, banyak orang akan tewas. Akan lebih banyak orang yang tewas," kata seorang korban wanita dalam video yang diunggah laman Facebook Ilmfeed.

"Mereka (media) hanya ingin membicarakan mereka ketika mereka melakukan hal salah," lanjut dia. "(Tapi), ketika mereka melakukan hal baik ... Mereka lah yang pertama memberikan air dan membantu para korban. Berlari dan memberitahu banyak orang (tentang kebakaran)."

Eropa