Eropa

Gempa 6,6 skala Richter guncang Turki, 2 tewas dan ratusan terluka

6.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
20:55
21 JUL 2017
Masjid di Pulau Kos rusak parah akibat gempa Jumat (21/07/2017). Foto: The Telegraph
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Gempa kuat memicu tsunami setinggi 40 sentimeter di Turki, kata pusat penelitian gempa bumi yang berpusat di Istanbul, menyebabkan dua orang tewas sementara ratusan lainnya terluka.

Dilansir The Telegraph, Jumat (21/07/2017), korban tewas adalah turis Swedia berusia 27 tahun dan warga Turki berusia 39 tahun.

Haluk Ozener, direktur Kandilli Observatorium, mengatakan kepada wartawan bahwa tsunami menyapu antara 10 dan 100 meter wilayah Pantai Bodrum, Provinsi Mugla dan mengakibatkan banjir, Xinhua melaporkan.

Presiden Lembaga Penanganan Bencanda dan Keadaan Darurat Turki (AFAD) awalnya melaporkan gempa bumi itu berkekuatan 6,3 skala Richter, tapi Kandilli mengubahnya jadi 6,6 SR.

Sebanyak 358 orang dibawa ke rumah sakit di seluruh Mugla, sementara 25 orang lagi telah dirawat, kata Kementerian Kesehatan Turki dalam sebuah pernyataan.

Kebanyakan orang yang cedera dilaporkan ketika warga berusaha menyelamatkan diri saat gempa terjadi, yang mengguncang pada Jumat pukul 01.31 (05.31 WIB).

Wisatawan dan warga lokal bermalam di taman dan jalan, kata laporan media. 

Turki telah mengirim satu kapal feri ke Pulau Kos di Laut Aegea, untuk mengungsikan lebih dari 200 warga negara Turki yang sedang berlibur di pulau Yunani tersebut, kata Harian Cumhuriyet.

Kandilli telah mencatat 160 gempa susulan dengan kekuatan maksimal 4,8 Skala Richter, dan memperingatkan guncangan dengan kekuatan sampai 5,5 pada Skala Richter diperkirakan bisa terjadi. 

KATA KUNCI : , , , ,
Terbaru
Eropa
Berita Terkait