Timur Tengah

Pemberontak Houthi serbu kantor Al Jazeera

3.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:12
27 DES 2016
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Aljazeera

Rimanews - Pemberontak Houthi Yaman menyerbu kantor Al Jazeera di ibu kota Sanaa dan menjarah perabotan serta peralatan siaran mereka.

"Saksi mata mengatakan, dua mobil membawa 10 gerilyawan lebih menyerbu kantor dan mulai menjarah furnitur, meja dan TV," kata Saeed Tsabit, kepala kantor Al Jazeera Yaman, lewat laman facebook.

Serangan pada Minggu terjadi beberapa jam setelah Al Jazeera menyiarkan film dokumenter berjudul “Stolen Weapons in Yemen”, membahas penjarahan senjata yang dilakukan Houthi.

Film itu mengupas tentang dari mana Houthi berhasil mendapatkan persenjataan berat, menyimpannya, serta jumlah dan jenis senjata yang telah mereka gunakan selama perang.

Dua tahun lalu, kantor Al Jazeera Yaman juga diserang dan sejumlah krunya mendapatkan ancaman pembunuhan. Sementara pada 2015, pemberontak Houthi menculik teknisi Al Jazeera dan petugas keamanan di Sanaa.

Yaman dilanda konflik sejak 2014 saat pemberontak Houthi, sekutu Iran, bekerja sama dengan pasukan loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh, mengambil alih kekuasaan di sejumlah daerah, termasuk ibu kota Sanaa.

Arab Saudi membentuk koalisi negara Teluk dan memulai kampanye militer di Yaman pada Maret tahun lalu dengan tujuan mencegah pemberontak Houthi dan pasukan loyalis Saleh menguasai Yaman seluruhnya.

Timur Tengah