Timur Tengah

Mantan tahanan Guantanamo tewas dalam serangan udara AS di Yaman

4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:55
07 MAR 2017
Dok. Penjara Guantanamo. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Theguardian

Rimanews - Mantan tahanan penjara terkejam di dunia, Guantanamo tewas dalam serangan udara Amerika Serikat di Yaman pekan lalu, kata Pentagon.

"Kami dapat mengonfirmasi kematian mantan tahanan Guantanamo, Yasir Al Silmi," kata Kapten Angkatan Laut Jeff Davis, Senin (06/03), dikutip dari the Guardian.

Al Silmi ditahan di Guantanamo selama tujuh tahun dari 2002 sampai 2009. Pentagon tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kasus yang menjerat Al Silmi, tapi Davis mengklaim bahwa yang bersangkutan tidak dianggap sebagai target "bernilai tinggi".

Anggota parlemen AS dari Partai Republik berulangkali mencegah upaya mantan presiden Barack Obama menutup penjara paling kejam di dunia tersebut. Mereka mengklaim eks tahanan Guantanamo kembali ke medan tempur setelah dibebaskan dan hal itu cukup menjadi alasan untuk tetap menahan mereka.

Al Silmi dilaporkan tewas pada 2 Maret dalam serangan udara yang juga menewaskan Usayd Al Adnani, "ahli bahan peledak yang telah lama mengabdi kepada pimpinan (Al Qaeda) di provinsi Abyan", kata Davis.

AS melakukan lebih dari 40 serangan udara di Yaman sejak meningkatkan intensitas operasi di negara tersebut lima bulan lalu.

Terbaru
Timur Tengah