Timur Tengah

Sistem apartheid alternatif solusi dua negara di Palestina

4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:11
09 MAR 2017
Boris Johnson
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson memperingatkan bahwa alternatif dari solusi dua negara atas konflik Palestina-Israel adalah sistem apartheid.

"Apa yang kami katakan adalah bahwa solusi dua negara harus (tercapai) atau Anda akan memiliki sistem apartheid," kata Johnson dalam wawancara dengan The Jerusalem Post yang terbit hari ini, dikutip dari Al Arabiya.

Johnson melakukan kunjungan 24 jam ke Israel dan wilayah Palestina pada Rabu untuk menegaskan kembali dukungan Inggris kepada Israel, tapi di saat bersamaan mengkritisi pembangunan permukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki.

Di Ramallah, Johnson mengatakan kebijakan pemerintah Inggris tidak berubah dan tetap berkomitmen pada solusi dua negara. Namun, masyarakat internasional menganggap pembangunan permukiman yang terus dilakukan Israel, bahkan semakin agresif sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump dilantik 20 Januari, sebagai salah satu ganjalan utama perdamaian.

Ketika bertemu  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Johnson menegaskan dukungan penuh Inggris kepada Israel. "Israel memiliki hak mutlak untuk tinggal dengan aman, dan penduduk Israel berhak merasa aman dari terorisme," kata Johnson.

Tapi dia kemudian menambahkan: "Tentu saja, kita juga harus berusaha menyingkirkan hambatan perdamaian dan kemajuan seperti permukiman."

Terbaru
Timur Tengah