Timur Tengah

Laporan PBB: Israel dirikan rezim Apartheid

4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:37
16 MAR 2017
Dok. Tentara Israel mengarahkan moncong senjatanya kepada pengunjuk rasa Palestina. Foto: Reuters
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Aljazeera

Rimanews - Laporan terbaru PBB menyatakan bahwa Israel mendirikan "rezim apartheid yang menindas dan mendominasi rakyat Palestina secara keseluruhan".

Laporan berjudul "Israeli Practices towards the Palestinian People and the Question of Apartheid" (Tindakan Israel terhadap Rakyat Palestina dan Masalah Apartheid) itu diprakarsai dan diterbitkan oleh KOmisi Ekonomi dan Sosial Asia Barat (ESCWA) di Beirut pekan ini, dikutip dari Al Jazeera.

John Reynolds, dosen fakultas hukum Universitas Maynooth mengatakan laporan, yang ditulis dua akademisi yang kritis terhadap Israel, Virginia Tilley dan Richard Falk, tersebut "menciptakan hal baru dalam konteks analisis PBB tentang situasi di Palestina". Tilley merupakan profesor ilmu politik Universitas Southern Illinois sementara Falk adalah mantan pelapor khusus PBB terkait situasi HAM di Palestina dan profesor emeritus hukum internasional di Universitas Princeton.

Utusan Israel di PBB, Dannya Danon, mengeluarkan pernyataan yang mengecam laporan tersebut pada Rabu. "Upaya melumuri dan melabeli satu-satunya negara demokrasi sejati di Timur Tengah dengan membuat analogi yang salah merupakan perbuatan tercela dan kebohongan yang menyolok," katanya.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric, ketika ditanyai soal laporan ESCWA, mengatakan publikasi dilakukan tanpa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan sekretariat PBB dan pandangan yang terdapat di dalamnya tidak mencerminkan pendapat sekretaris jenderal.

Terbaru
Timur Tengah