Timur Tengah

Saudi masukkan Yusuf Al Qaradawi dalam daftar hitam teroris

5.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
16:52
09 JUN 2017
Yusuf Al Qaradawi
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Rimanews

Rimanews - Empat negara Timur Tengah yang memutuskan hubungan dengan Qatar memasukkan pemimpin spiritual Ikhwanul Muslimin Syeikh Yusuf Al Qaradawi dalam daftar orang-orang yang terkait terorisme.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain, Kamis (08/06/2017), mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa 59 orang, termasuk Qaradawi, dan 12 lembaga yang berhubungan dengan Qatar berada daftar hitam teroris mereka.

Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani mengatakan, negaranya tidak akan pernah menyerah dari tekanan yang diberikan tetangga-tetangganya dan tidak akan mengubah kebijakan luar negerinya demi menyelesaikan krisis diplomatik ini.

Dalam wawancara dengan The Associated Press, Mohammed berulangkali membantah bahwa negaranya mendanai kelompok ekstremis dan menegaskan tidak akan menutup Al Jazeera.

Dia mengatakan, sebagai negara independen, Qatar memiliki hak untuk mendukung kelompok seperti Ikhwanul Muslimin yang dilarang di sejumlah negara di Timur Tengah.

Koalisi Saudi juga memasukkan 18 warga Qatar dari kalangan pengusaha dan politisi, termasuk anggota senior keluarga kerajaan dan mantan Menlu dalam daftar teroris mereka.

Mohammed mengatakan, Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani tidak akan pergi meninggalkan negara tersebut selama masih diblokade sehingga tidak dapat menghadiri tawaran mediasi dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih.

Timur Tengah