Timur Tengah

Arab Saudi bantah larang warga Qatar umrah

5.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:49
12 JUN 2017
Dok. Umat Muslim melakukan thawaf, atau mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Arab Saudi membantah melarang warga Qatar memasuki Kota Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah di Masjidil Haram akibat krisis diplomatik yang saat ini terjadi di Timur Tengah, Al Arabiya melaporkan, Minggu (11/06/2017).

Riyadh mengaku mengizinkan 206 orang yang datang dari Qatar melintasi perbatasan Salwa pada Jumat sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah umrah di Masjidil Haram, lapor Xinhua.

Lembaga Pemerintah Arab Saudi yang mengawasi urusan dua kota suci Mekkah dan Madinah mengatakan, melayani semua jemaah dari seluruh dunia, termasuk Qatar, dan menyebut tuduhan yang beredar luas di media sosial tidak berdasar.

Menurut Al Arabiya, beberapa kantor media pada Minggu melaporkan bahwa warga Qatar dilaran memasuki Mekkah dan kedua masjid agung, tapi Arab Saudi membantah laporan tersebut.

Secara hampir bersamaan, Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dan memutus akses keluar masuk ke negara tersebut baik dari darat, laut maupun udara.

Langkah tersebut diikuti sejumlah negara lainnya yang dekat dengan Arab Saudi seperti Libya, Yaman, Maladewa, Mauritania, dan Senegal.

Mereka menuduh Qatar "mendukung kelompok teror dan mencampuri urusan dalam negeri negara Arab lain", label yang biasanya juga melekat pada Arab Suadi.

Terbaru
Timur Tengah