Timur Tengah

Iran kirim kapal perang ke Oman di tengah krisis diplomatik Teluk

6.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:47
12 JUN 2017
Dok. Kapal perang.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Iran mengirim dua kapal perang ke Oman sebelum melakukan misi internasional ke perairan dekat yaman, di tengah-tengah krisis diplomatik negara Teluk.

Kantor berita Tasnim melaporkan, kapal perusak Alborz dan logistik Bushehr, berangkat dari Kota Bandar Abbas pada Minggu (11/06/2017) untuk melakukan misi di Oman sebelum berlayar ke Samudra Hindia dan Teluk Aden.

Teluk Aden, yang terletak di antara Tanduk Afrika dan Semenanjung Arab, merupakan jalur pelayaran strategis yang menghubungkan Samudra Hindia dengan Laut Merah dan Terusan Suez.

Pengiriman dua kapal perang itu dilakukan setelah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir serta beberapa negara lainnya memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dan menutup akses darat, laut, dan udara ke negara tersebut, karena dianggap mendukung terorisme.

Qatar membantah label pendukung terorisme yang biasanya dialamtkan kepada Arab Saudi tersebut.

Pemerintah Qatar bahkan sesumbar dengan mengatakan bahwa merekalah yang memimpin kawasan Timur Tengah memerangi akar terorisme, termasuk dengan memberikan harapan kepada para pemuda dengan memberikan kesempatan kerja dan pendidikan bagi ratusan ribu pengungsi Suriah.

"Posisi kami dalam melawan terorisme lebih kuat daripada mereka yang menandatangani pernyataan bersama. Fakta yang diabaikan penulis (pernyataan tersebut)," kata pemerintah Qatar, dikutip dari Al Jazeera.

KATA KUNCI : , , , , , ,
Timur Tengah