Timur Tengah

Setiap menit, satu anak terinfeksi kolera di Yaman

6.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:16
14 JUN 2017
Dok. Seorang ibu di Yaman mendampingi anaknya yang terbaring lemas akibat terinfeksi kolera.
Reporter
Abdullatif Assalam
Sumber
Daily Mail

Rimanews - Wabah kolera di Yaman semakin sulit dikontrol, dan sebuah badan dunia memperingatkan bahwa setiap menit satu anak dapat terinfeksi penyakit mematikan itu.

Save the Children memprediksi 300 ribu orang dapat terinfeksi kolera dengan ribuan korban jiwa dalam beberapa bulan ke depan. Mereka menambahkan, jumlah kasus infeksi bisa meningkat sampai tiga kali lipat hanya dalam dua pekan.

"Inilah saatnya dunia melakukan tindakan sebelum ribuan anak-anak Yaman binasa akibat penyakit yang sebenarnya dapat dicegah," kata Grant Pritchard, perwakilan Save the Children di Yaman, Rabu (14/06/2017), dikutip dari Thomson Reuters Foundation.

Perang, kelaparan, dan sulitnya mendapatkan air bersih menumbuh suburkan penyebaran kolera, penyakit diare yang dapat membunuh pengidapnya hanya dalam hitungan jam, di Yaman.

"Penyakit, kelaparan, dan perang menimbulkan badai bencana bagi penduduk Yaman. Negara termiskin kawasan (Timur Tengah) di ambang kehancuran total, dan banyak anak-anak sekarat karena tidak dapat mengakses layanan kesehatan dasar," jelas Pritchard.

Badan anak PBB (UNICEF) mengatakan, lebih dari 920 orang tewas akibat wabah kolera sejak akhir April dan lebih dari 124 ribu kasus dilaporkan. Hampir separuh kasus kolera di Yaman menginfeksi anak-anak.

Seorang perawat di Sanaa mengatakan, ada hari di mana mereka pernah menerima lebih dari 550 kasus kolera.

"Pasien datang setiap jam. Kami bekerja selama 24 jam. Mereka datang dari semua provinsi di seluruh negeri," kata perawat itu. "Saya banyak menjumpai kisah sedih."

KATA KUNCI : , , , ,
Timur Tengah