Hukum

Pengacara Ahok: Saksi hari ini tak berkualitas

2.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
14:28
10 JAN 2017
Dok: Sidang lanjutan uji materi UU Pilkada yang dimohonkan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Foto: Antara
Reporter
Oki
Sumber
Rimanews

Rimanews - Salah satu kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Sirra Prayuna menyatakan, tiga orang saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) pada sidang lanjutan kasus penistaan agama hari ini, tidak ada yang berkualitas.

"Enggak ada yang berkualitas, keterangannya sama kaya (sidang) yang lalu," katanya saat ditemui di luar ruang sidang yang digelar di Kementerian Pertanian, hari ini.

Sidang dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memasuki yang kelima kalinya. Sejak pekan lalu dan hari ini, persidangan beragendakan pemeriksaan saksi yang diajukan oleh jaksa.

JPU hari ini menghadirkan tiga dari lima orang saksi yang dijadwalkan hadir dalam sidang lanjutan penistaan agama. Tiga saksi tersebut adalah Pedri Kasman, Muhammad Burhanuddin, dan Wilyuddin Abdul Rasyid Dhani.

Menurut Sirra sesuai dengan KUHAP seseorang baru dapat dikategorikan sebagai saksi pengadilan apabila yang bersangkutan melihat, mendengar, dan mengalami sendiri. 

Menurut Sirra, ketiga saksi tersebut, tidak satu pun yang melihat dan mengalami langsung dugaan penostaan agama yang dilakukan Ahok di Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu.

Terbaru
Hukum