Hukum

Gamawan sebut proyek e-KTP sudah dipresentasikan ke KPK

2.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
12:19
16 MAR 2017
Dok: Mantan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi. Foto: Antara
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Mantan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengatakan Proyek pengadaan e-KTP sudah pernah di presentasikan di hadapan petinggi KPK, seperti Busyro Muqoddas.

"Saya minta ke bu Diah, ini proyek di kawal LKPP dan minta dilakukan audit dulu ke BPKP, saya juga presentasikan pengadaan ini di depan pak Busyro Muqoddas," katanya saat memberi kesaksian untuk terdakwa Irman dan Sugiharto dalam sidang suap e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, uang suap proyek pengadaan e-KTP dibagikan kepada seluruh anggota Komisi II DPR periode 2009-2014, yang saat itu berjumlah 50 orang. KPK menyebut kerugian negara akibat proyek e-KTP senilai Rp 2 triliun lebih.

Gamawan mengatakan pengadaan proyek tersebut telah di audit oleh BPKP dan LKPP dan dilakukan langsung secara sistem lelang elektronik.

Gamawan melanjutkan bahwa dia tidak langsung menanda tanganinya. Selanjutnya ia meminta kembali lagi audit ke BPKP agar proses pengadaan clear.

"Menurut Perpres 54, menteri bertanggung jawab, jadi saya yang menandatangani, tapi saya tidak langsung tanda tangan, saya buat surat lagi ke BPKP agar diaudit kembali. Jadi dua kali audit di BPKP, dan setelah audit menyatakan tidak ada masalah baru saya bertanda tangan," papar Gamawan.

Terbaru
Hukum