Hukum

Mangkir dari sidang e-KTP, Agus Marto beralasan rapat BI

1.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
12:56
16 MAR 2017
Dok: Agus Martawardoyo
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews -  Mantan Menteri Keuangan Agus Martawardojo mangkir dari panggilan jaksa sebagai saksi kasus e-KTP di pengadilan Tipikor, hari ini.

"Karena Agus Martowardhoyo tidak hadir, akan kami jadwalkan ulang di sidang berikutnya," kata Jaksa Penuntut Umum KPK, Irene Putri, kepada hakim pengadilan Tipikor Jakarta, hari ini.

KPK sedianya akan menghadirkan delapan saksi termasuk di dalamnya mantan Meneku Agus Martowardojo yang mengetahui proses penganggaran dalam sidang pemeriksaan saksi, dengan terdakwa dua mantan pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto. 

Dalam dakwaan Irman dan Sugiharto, pada tahun 2012, Agus pernah menolak ajuan perubahan anggaran pengadaan proyek e-KTP. Belakangan setelah merubah sistem pembayaran multiyears, kementerian keuangan yang saat itu dipimpin Agus, menyetujui pernambahan anggaran  Rp1,045 miliar untuk penyelesaikan 65,3 juta blanko e-KTP.

Menurut Irene, Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus, batal hadir dikarenakan ada agenda rapat dewan komisaris BI.

"Dan sorenya akan terbang ke Swiss," ujar Irene.

Dalam kasus ini, Irman dan Sugiharto didakwa berdasarkan pasal 2 ayat (1) atas pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Diduga kerugian keuangan negara dari skandal proyek bernilai Rp 5,9 triliun ini mencapai Rp 2,3 triliun. Sederatan nama disebut terlibat dan kecipratan uang proyek e-KTP. Mulai dari para anggota DPR aktif dan tidak, Kemendagri, hingga swasta.

Terbaru
20 Juli 2017 | 07:56
Peradi dukung Perppu Ormas
Hukum