Hukum

Chaeruman akui kenal Andi Narogong dari Novanto

2.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
18:44
16 MAR 2017
Dok. Ketua DPR Setya Novanto
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Mantan Ketua Komisi II DPR RI, Chairuman Harahap, mengaku mengenal Andi Agustinus alias Andi Narogong setelah diperkenalkan oleh Ketua Fraksi Golkar saat itu, Setya Novanto.

"Iya kalau tidak salah begitu. Saat itu dikenalkannya (dikenalkan oleh Novanto) namanya Andi saja," ujar Chaeruman menjawab pertanyaan jaksa penuntut umum KPK, Irene Putri, mengenai Berita Acara Pemeriksaan yang menyebut Chaeruman bertemu Andi Narogong di ruangan Novanto.

Dalam surat dakwaan mantan pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto, Chaeruman disebut menerima uang sejumlah USD 584 ribu dan Rp 26 miliar dari Andi Narogong pada bulan Februari 2011. Chairuman juga disebut pernah meminta uang sejumlah USD 100 ribu ke Irman melalui Miryam S Haryani untuk membiayai kunjungan kerja Komisi II DPR ke beberapa daerah. Uang tersebut diminta Chairuman pada bulan Mei 2011.

Cairuman menjelaskan, setelah perkenalan itu dia beberapa kali sempat bertemu dengan Andi. Pertemuan dilakukan di ruangan Ketua Komisi II DPR, dengan membahas berbagai. Tetapi dia membantah membicarakan proyek e-KTP.

"Dia menawarkan macam-macam. Seperti kaos untuk kampanye, tapi tidak bicarakan proyek," bantahnya.

Jaksa Abdul basir meneruskan pertanyaan Irene, mengenai proyek-proyek di DPR yang digarap Andi Narogong. "Saya tidak tahu," Jawab Chaeruman.

"Coba jelaskan kedekatan Andi dengan Setya Novanto," desak Jaksa.

"Iya, (itu BAP) saya. Sejauh mana kedekatannya, saya tidak tahu. Begitu juga proyek-proyek, itu kan yang saya dengar, saya juga sudah jawab begitu ke penyidik (KPK)," jawab Chairuman.

Saat Jaksa KPK menanyakan lebih dalam, siapa saja anggota Banggar saat pembahasan proyek pengadaan e-KTP di DPR, Chairuman mengaku hanya mengetahui anggota banggar dari Partai Golkar.

"Kalau dari Golkar saya tahu, yang dari partai lain saya tidak tahu. (Dari Golkar) Pak Azhar Azis, kemudian diganti dengan Marcus Mekeng," katanya lagi.

Ketua Majelis Hakim Jhon Halasan Butar-Butar sempat menegus Chaeruman karena kerap menjawab tidak tahu.

"Yang saya dengar itu (Andi Narogong urus proyek-proyek di DPR). Saya tidak tahu apa saja proyek dia, tapi saya dengar itu. Yang ditanyakan penyidik kan itu. Banggar ada periodenya, ada penggantinya saya tidak tahu pergantiannya siapa saja. Kalau di Golkar saya tahu," ujar Chairuman

Terbaru
Hukum