Hukum

Tersangka suap e-KTP bantah Gamawan doyan terima uang

4.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
08:50
17 MAR 2017
Mantan Mendagri, Gamawan Fauzi
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman membantah beberapa keterangan atasannya yakni Mantan Sekjend Kemendagri, Diah Anggraini, karena dinilai tidak sesuai dengan fakta.

Irman disebut disebut kerap meminta duit kepada Andi Narogong. Duit tersebut, dalam kesaksian Diah, diminta Irman untuk diberikan kepada Gamawan Fauzi, yang saat itu menjabat sebagai Mendagri.

"Fitnah ini betul-betul sangat keji," kata Irman dalam sidang dugaan suap e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, kemarin.

Menurutnya, Andi memang sempat bertanya kepadanya perihal apakah Gamawan mau menerima uang darinya. Namun, saat itu, Irman mengaku menolak permintaan Andi. "Pak Gamawan tidak akan mau menerima uang dari Anda," Jelasnya kepada Andi kala itu.

Andi Agustinus alias Andi Narogong Ia dianggap berperan besar dalam megakorupsi tersebut, karena uang yang dibagi-bagikan kepada sejumlah pihak mengalir melalui dirinya. Andi merupakan seorang pengusaha konveksi yang disebut-sebut dekat dengan Setya Novanto dan Anas Urbaningrum.

Sementara itu, soal pengembalian uang sebesar US$ 300 ribu darinya, Diah menghubunginya dengan mengatakan akan mengembalikan uang dengan jarak waktu seminggu setelah menerima uang tersebut.

"Tidak benar itu. Bu diah menghubungi saya pada waktu itu. Saya menghadap ke ruangan beliau, saat saudara Sugiharto sudah ditetapkan (sebagai tersangka) pada tahun 2014, jadi bukan seminggu setelah menerima uang," kata Irman.

Irman melanjutkan, bahwa dirinya tidak ikut dalam pertemuan di restoran Peacock, antara dirinya dengan Chairuman Harahap, Diah dan Sugiharto. Menurutnya, pada pertemuan itu, tidak pernah terlihat hadir politisi Golkar tersebut.

"Barangkali memang ada pak Chairuman, tapi saat saya tidak hadir. Saat saya hadir, anggota Komisi II pun tidak ada," tambahnya.

Terkait kedekatan dengan Andi Agustinus alias Andi Narogong, sebelumnya Diah mengaku dikenalkan oleh Irman. Ini juga dibantah tersangka suap e-KTP tersebut..

"Kebalik, yang mengenalkan pak Andi kepada saya itu Bu Diah," Jelasnya.

Terbaru
Hukum