Hukum

Jaksa akan hadirkan enam saksi dalam sidang lanjutan skandal e-KTP

2.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
09:20
17 APR 2017
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Jaksa Penuntut Umum KPK akan menghadirkan enam saksi pada sidang kesepuluh dugaan suap mega proyek e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto hari ini.

Dari berbagai informasi yang dihimpun Rimanews.com, keenam saksi tersebut berasal dari Kemendagri dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) serta panitia lelang.

Tiga saksi dari Kemendagri yakni Pegawai Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Mahmud, Kasubbag Data dan Informasi bagian Perencanaan Sesditjen Dukcapil, Joko Kartiko Krisno dan Hendry Mamik.

Adapun dua saksi dari LKPP yakni Setya Budi Arijanta dan Toto Prasetyo, sementara satu saksi lainnya yakni Ketua Tim Lelang, Husni Fahmi.

Sebagai informasi, dalam persidangan sebelumnya JPU KPK sudah mulai masuk ke tahap pengadaan proyek yang akhirnya berimbas pada korupsi.

Salah satu sebab adanya korupsi adalah adanya saran dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang tidak dipatuhi yaitu penggabungan sembilan lingkup pekerjaan. 

Penggabungan itu disebut LKPP berpotensi terjadi kegagalan dalam proses pemilihan dan pelaksanaan pekerjaan yang berpotensi menimbulkan kerugian keuangan negara serta akan menghalangi terjadinya kompetisi dan menyebabkan persaingan usaha tidak sehat.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
Hukum