Hukum

KPK target rampungkan berkas bupati Klaten bulan ini

6.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:22
18 APR 2017
Mantan bupati Klaten, Sri Hartini
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - ‎Penyidik KPK menargetkan akan merampungkan berkas perkara mantan bupati Klaten, Sri Hartini terkait jual-beli jabatan di Pemkab Klaten, Jawa Tengah pada akhir April 2017.

Guna merampungkan berkas tersebut, penyidik KPK melakukan serangkaian pemeriksaan baik di Klaten maupun di Gedung KPK Jakarta.

"‎Penyidik berharap akhir April 2017 penyidikan SHT bisa tuntas dan kasusnya masuk tahap selanjutnya, penuntutan," ujar juru bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, hari ini.

Kemarin, Senin (17/4/2017), penyidik sudah memeriksa 13 saksi terkait kasus tersebut. "13 saksi ini diperiksa di KPK soal indikasi terima suap pengisian jabatan di Klaten. Selain itu penyidik juga dalami indikasi penerimaan lain, dana aspirasi atau proyek di SKPD," ujarnya

Sebagai informasi dalam kasus ini, KPK telah menjerat dua orang tersangka yakni Sri Hartini yang diduga sebagai penerima suap dan Suramlan, PNS yang diduga sebagai pemberi suap‎. 

Sri Hartini disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junctoPasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 65 Ayat (1) KUHP.

Sementara itu, Suramlan selaku pemberi suap disangka melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a dan b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi‎.

Berkas Suramlan sudah lebih dulu lengkap dan sudah pelimpahan tahap dua pada sidang di Pengadilan Tipikor, Semarang, Jawa Tengah‎.

KATA KUNCI : , , ,
Terbaru
Hukum