Hukum

Jaksa siap bacakan tuntutan Ahok hari ini

7.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
07:54
20 APR 2017
Reporter
Oki
Sumber
Rimanews

Rimanews - Pengadilan Negeri Jakarta Utara menyatakan siap menggelar sidang lanjutan perkara penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, hari ini.

Begitu pun dengan jaksa penuntut umum (JPU). Bila pekan lalu rombongan penuntut yang diketuai Ali Mukartono itu menyatakan belum siap karena berbagai kendala, hari ini mereka dinyatakan siap untuk membacakan tuntutan.

"Jaksa sudah siap karena mereka hanya menyelesaikan," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta, Hasoloan Sianturi saat dihubungi, hari ini.

Dalam perkara ini Ahok didakwa melakukan penodaan agama karena mengutip surat Al Maidah ayat 51 saat kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu. JPU mendakwa Ahok dengan dakwaan alternatif Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP.

Penundaan pembacaan tuntutan sampai hari ini, dikarenakan tim JPU kekurangan waktu untuk menyusun berkas tuntutan buat Ahok.

"Seminggu tidak cukup bagi kami karena banyak tambahan saksi maupun ahli yang ada di berkas perkara, itu perlu waktu. Ternyata sampai tadi malam, kami belum siap," ujar Ali, Selasa pekan lalu.

Sidang ketika itu berlangsung tak berlangsung lebih dari 30 menit karena JPU menyatakan belum siap dengan berkas tuntutan, lalu membuat suasana sedikit gaduh dengan kekecewaan rombongan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI sebagai pengunjung.

Ali menjelaskan, penambahan saksi ahli oleh tim pengacara Ahok dalam berkas tuntutan yang harus disusun bukan perkara mudah. Nyatanya, kata dia, keterangan para saksi tersebut panjang-panjang.

"Itu kan fakta persidangan dan harus disusun semua. Kan (para saksi ahli) itu ada yang di luar berkas perkara," tegasnya.

Terbaru
Hukum