Hukum

KPK tak akan buka BAP Miryam

8.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
08:43
21 APR 2017
Dok. Politisi Hanura Miryam S Haryani (Foto: Antara)
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Komisi Pemberantasan Korupsi menolak permintaan anggota Komisi III DPR saat menggelar rapat dengar pendapat agar Berita Acara Pemeriksaan politisi Hanura dalam perkara proyek e-KTP Miryam S Haryani dibuka ke publik.  

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan penyidik akan tetap merahasiakan BAP sebab dikhawatirkan bakal menghambat pengusutan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, jika BAP dibuka sesuai permintaan DPR.

"Ada risiko yang membuat bias proses hukum dan bukan tidak mungkin dapat menghambat penanganan kasus, baik untuk MSH atau e-KTP sendiri," ujarnya di Gedung KPK, kemarin.

Sejumlah anggota Komisi III DPR mengklarifikasi pengakuan Miryam di sidang perkara e-KTP yang menyebut dirinya mendapat tekanan dari penyidik KPK, dalam rapat dengar pendapat dengan KPK, Selasa lalu. DPR  pun meminta KPK untuk membuka BAP Miryam ke publik. 

Bahkan sempat mengemuka rencana DPR menggulirkan pengajuan hak angket untuk mempertanyakan KPK soal pengakuan Miryam di persidangan e-KTP. Komisi III berdalih permintaan membuka isi BAP Miryam itu sebagai bentuk pengawasan anggota dewan. 

Febri mengatakan, KPK menghormati kewenangan lembaga legislatif dalam hal pengawasan. Tetapi lembaganya tetap meminta DPR untuk tidak masuk terlalu jauh dalam ranah hukum karena dikhawatirkan akan mempengaruhi proses yang sedang berjalan. 

Febri meminta DPR tidak masuk terlalu dalam hingga ke persoalan teknis.dalam menjalankan fungsi pengawasan.

Terbaru
Hukum