Hukum

Cak Imin: Perppu Ormas sudah dikaji matang

5.8K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:36
19 JUL 2017
Ketua Umum Partai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Abdul Muhaimin Iskandar
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin menegaskan bahwa partainya mendukung sikap pemerintah terkait Perppu Ormas, Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas. 

Menurutnya keputusan pemerintah tersebut sudah melalui kajian dan pertimbangan yang matang.

"Sebagai partai pendukung pemerintah tentu kita akan mendukung pemerintah, karena keputusan pemerintah adalah dengan seksama memperhitungkan berbagai fakta dan pertimbangan yang matang," kata Muhaimin usai membuka acara pasar murah di kawasan penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (19/7/2017).

Soal munculnya penolakan terhadap Perppu Ormas, pemerintah menurut Cak Imin masih bisa memberikan penjelasan menyeluruh dengan cara dialog di senayan dengan DPR dan masyarakat.

"Meski demikian Perpu Ormas bisa kita dialogkan di DPR melalui proses persetujuan DPR. Dalam proses persetujuan DPR itulah kesempatan pemerintah berdialog memberikan penjelasan dan masyarakat juga memberi masukan," tegasnya.

Sebelumnya, Kemenkum menyebutkan bahwa pembubaran HTI dilakukan dengan alasan merawat eksistensi Pancasila sebagai ideologi UUD 1945 dan keutuhan NKRI. Pencabutan status badan hukum dilakukan berdasarkan ketentuan Perppu Nomor 2/2017 tentang Perppu Ormas.

Dalam Perppu Ormas tersebut, ada tiga sanksi administratif yang di amanahkan terhadap ormas anti-Pancasila, ketiga aturan tersebut yakni mulai dari peringatan tertulis, penghentian kegiatan, dan pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.

Pada Pasal 80A Perppu Ormas disebutkan pencabutan status badan hukum ormas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 61 ayat 1 huruf c dan ayat 3 huruf b sekaligus dinyatakan bubar.

Terbaru
20 Juli 2017 | 07:56
Peradi dukung Perppu Ormas
19 Juli 2017 | 14:56
Upaya Yusril selamatkan HTI
19 Juli 2017 | 11:56
Alasan pemerintah bubarkan HTI
19 Juli 2017 | 10:59
Kemenkumham resmi bubarkan HTI
Hukum