Hukum

Chairuman Harahap mengaku pernah bertemu Andi Narogong

4.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
13:44
28 JUL 2017
Chairuman Harahap
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Mantan Ketua Komisi II DPR, Chairuman Harahap, mengaku pernah bertemu pengusaha penggarap proyek e-KTP, Andi Agustinus alias Andi Narogong di Gedung DPR Senayan. 

"Oh iya pernah bertemu di DPR," ujar Chairuman saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Ketua DPR, Setya Novanto dalam perkara korupsi e-KTP di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Jumat (28/7/2017)

Meski demikian, Chairuman tidak menjelaskan secara rinci mengenai pertemuannya dengan Andi Narogong.

Dalam kesempatan tersebut Chairuman mengatakan bahwa selama pemeriksaan sesi pertama tadi, ia hanya ditanya oleh penyidik seputar proses pembahasan anggaran di DPR. 

Menurutnya dalam proses tersebut sudah berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan.

"Soal pembahasan anggaran, itu sudah sesuai mekanisme," ujarnya.

Selain itu Chairuman juga menegaskan bahwa dalam proyek e-KTP hanya dibahas secara internal oleh Komisi II DPR. Ia pun mengaku tidak mengetahui adanya peranan Novanto dalam korupsi yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu.

Sebagai informasi, dalam surat dakwaan terhadap dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto, Chairuman Harahap disebut diperkaya sebesar 584.000 dollar AS dan Rp 26 miliar dalam proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun.

Sekedar informasi, penetapan tersangka Setnov merupakan hasil pengembangan KPK dengan mencermati beberapa fakta dalam persidangan.

Nama Setnov yang sebelumnya sudah santer disebut menerima duit haram proyek e-KTP dalam surat dakwaan dan tuntutan oleh Jaksa KPK, namun nama Setnov dalam surat putusan tidak disebutkan menerima duit dari proyek e-KTP.

Terbaru
Hukum