Hukum

Patrialis Akbar persilakan Basuki suap hakim MK

5.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:39
31 JUL 2017
Patrialis Akbar
Reporter
Ahmad Alfi Dimyati
Sumber
Rimanews

Rimanews - Kawan dekat Patrialis Akbar, Kamaludin menyebutkan bahwa sahabatnya pernah mempersilakan pengusaha impor daging, Basuki Hariman untuk memberikan suap kepada dua hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

"Pak Patrialis sampaikan, kalau untuk uang silahkan saja Pak Basuki yang lakukan pendekatan," ujarnya, saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (31/07/2017).

Patrialis menceritakan kepada Kamaludin bahwa ada dua hakim MK, yakni Arief Hidayat dan Hakim Suhartoyo, yang belum memberikan pendapat mengenai perkara uji materi Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Menanggapi kode tersebut, menurut Kamaludin, Basuki dan stafnya, Ng Fenny menyampaikan bahwa mereka akan melakukan pendekatan kepada mereka dan sudah menyiapkan uang sebesar Rp2 miliar.

"Yang disampaikan pada saat itu, uang untuk meng-handle hakim yang belum memberikan pendapat," katanya.

Setelah ada kesiapan dari pihak Basuki, Kamaludin pun menyampaikan keinginan Basuki itu kepada Patrialis. Menurut Kamaludin, Patrialis mempersilahkan Basuki melakukan pendekatan melalui pengacara bernama Lukas.

Dalam kasus ini, jaksa KPK mendakwa Patrialis sebagai pihak penerima suap dari pengusaha impor daging, Basuki.

Menurut jaksa, Patrialis menerima US$ 70 ribu, Rp4 juta, dan dijanjikan uang Rp2 miliar yang belum terlaksana. Uang itu diberikan agar Patrialis membantu memenangkan putusan perkara Nomor 129/PUU-XIII/2015 terkait uji materi atas UU Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Terbaru
Hukum